Home > Uncategorized > Yang bodoh sebenarnya siapa?

Yang bodoh sebenarnya siapa?

Monday, 12 November 2007 Leave a comment Go to comments

Ga salah kalau orang bijak berkata investasi di bidang pendidikan itu adalah investasi jangka panjang. Ngomong-ngomong masalah investasi, tentu tak bisa lepas dari faktor itung2an untung. Artinya: ada keuntungan yang diharapkan akan dinikmati dengan berinvestasi di bidang pendidikan; atau sebaliknya. Masih ngga percaya? simak fragmen berikut ini <TVRI banget>

Mission Impossible
(Based of True Story)

Adegan 1
Narator: Suara-suara ribut dari luar menyusupi jendela, mengusik acara leyeh2 siang tokoh utama kita. Ngga dihitung nguping dong, dengan volume sekeras ±1000 dB (liat lagi buku fisika SMPnya anak2) dan nada tidak beraturan, suara tadi bisa dikategorikan noise alias BERISIK oiy!!

Tetangga Sebelah Polos nan Belegug (TSPB)*: Halow, saya bisa ketemu dengan Pak Imam Santoso?
Dinsky si Cerdik nan Bersahaja (DCB)™: (dalam hati) Sekalian aja pake toa ngomongnya. Ketemu? Kopdar kalee =D
TSPB: Dengan Pak Imam? Saya dapet kupon dari Wing, Pak. Saya diminta menghubungi Bapak…
DCB: ngantuk, banget.. huaaaaaaaah
TSPB: Iya, Pak…bla…bla…bla…
DCB: Zzz…zzz…
TSPB: Oh, jadi mobilnya langsung dilelang, Pak? Terus uangnya langsung dikirim ke rekening saya? No. rekening BRI saya… bla..bla…bla…
DCB: (langsung waspada) Naga2nya, ada yang ga bener nih…terdeteksi adanya calon korban.
TSPB: Iya…iya….(jeda) jadi saya harus transper (pake p-red) uang dulu nih?
DCB: Tuh kan, bener feelingku, ga salah lagi, penipuan ini!
TSPB: Ga bisa pak. Saya ini kuli bangunan, upah saya cuma 50,000 sehari, apalagi sekarang baru datang dari kampung, lama ngga kerja, ga ada uang sebanyak itu. Tolonglah saya. Saya ini orang kecil.
DCB: *anteng nyimak
TSPB: Jadi saya harus beli 10 lembar? sama aja dong Pak, itu kan berarti 1 juta?
DCB: Kayanya disuruh beli voucher pulsa isi ulang tuh
TSPB: Kalau Bapak bener-bener mau nolong saya, coba ditransfer dulu hadiahnya berapa, nanti berapapun yang Bapak minta, akan saya kirim.
DCB: good…good…
TSPB: Ya Bapak harus percaya sama saya. Saya ini muslim, tiap hari beribadah. Saya juga percaya, kupon ini benar2 dari PT Wings, kan? Saya pake produk wings udah lama, udah kaya sama punya sendiri soalnya saya ikut waktu ngebangun pabriknya di cakung. Makanya Saya kenal sama Pak Ini*, Pak Itu*, Pak Anu*.

DCB: good points, like it matters HAHAHA!!!
TSPB: bla..bla..bla… (dialog yang panjang, yang intinya adalah ngulang2 point di atas termasuk kenal si Bapak Ini, Itu dan Anu)….

TSPB: Kalo cuma 1 lembar yang 50ribu, saya bisa Pak. Saat ini juga saya belikan.
DCB: Misi penyelamatan, dimulai! (jeng jreeeng)

(Lagu pembuka Mission Impossible terdengar lamat-lamat di kejauhan)

Adegan 2
DCB: Permisi Pak.
TSPB: Ya mbak?
DCB: Maaf Pak, kebetulan saya dengar percakapan Bapak ditelepon. Bapak dapet undian berhadiah ya, Pak?
TSPB: (curiga mode: ON) undian? maksudnya?
DCB: Buset, kalo mau main rahasia2an mbok ya kalo telpon jangan teriak2 to pak’e. Harus pake siasat tembak langsung nih.
DCB: Begini Pak. Saya khawatir, itu penipuan. bla..bla…bla…

Narator: Akhirnya, TSPB mau juga bercerita dan ngeluarin kupon yang ia dapatkan dari dalam kemasan detergen d**a, ukuran kecil seharga 1.000 perakan. Kuponnya sih lumayan niat buatnya: diprint warna & kertasnya dilaminating. (Sayang waktu itu ngga kepikir buat difoto-red). Beberapa saat setelah Dinsky si Cerdik nan Bersahaja™ mengeluarkan jurus2 anti penipuannya…

TSPB: Emang tadinya dia minta uang 5 juta. Jelas saja saya ga punya. Tapi kalo cuma voucher 50rb aja sih, saya bisa. Ini sih biasa, namanya juga bisnis.
DCB: Omigot! Segitu apatisnya si TSPB sampe ngerasa ngga ada hal apapun di muka bumi Indonesia ini yang ga melibatkan sogok-menyogok.
DCB: (mencoba berargumentasi lebih jauh) Tapi 50rb juga kan uang Pak, belum lagi rugi pulsa. Kalo saya sih, uang segitu mending dipake makan (Suer! Saat itu, yang kepikir buat dipake makan, bukannya buat disumbangin, beli buku, or whatsoever, kekekekke)
TSPB: Iya, nih, barusan juga saya telpon abis (ngecek handsetnya) 100rb-an lebih. Cuma ini Kartu H**o, ngga ada batesnya. Kalo engga, ga bakal bisa, dari tadi juga udah abis
DCB: Rugi pulsa malah bangga. Orang yang aneh!
DCB: Gini aja Pak, hubungi Customer Service-nya aja langsung kalo Bapak masih ga percaya.

Narator: Akhirnya, setelah telpon sana, sini, kesimpulan akhir adalah: YUP, 200% haqqul yakin ini adalah P-E-N-I-P-U-A-N

TSPB: (Muka orang yang kehilangan harapan) Jadi ini penipuan yah? Makasih banyak Mbak. Tapi mbak jangan bilang sama siapa-siapa yah, saya malu. Kalo saya menang juga saya ngga akan cerita-cerita (masih aja ngarep).
DCB: Sama-sama Pak (Yes!! Mission accomplished. Satu orang terselamatkan. Gak sia2 ceramah gratis setengah jam lebih)

Adegan 3
Narator: 30 menit kemudian, di suatu pojokan, tempat tukang gado-gado enak nan murah bermarkas

DCB: (bosan nungguin pesenan yang tak kunjung datang)
DCB: Eh, TSPB mau kemana tuh, bawa2 dompet?

Narator: 10 menit kemudian, dari arah yang berlawanan dengan tadi, TSPB lewat lagi dengan menenteng… apa coba pemirsa, coba Anda tebak:…
Tak lain dan tak bukan adalah VOUCHER PULSA ISI ULANG!!

Bagaimana reaksi tokoh utama kita akan peristiwa ini?

DCB: (Nyungsep di pojokan ibu gado-gado: speechless)

Narator: Bodoh dan bebal memang kombinasi yang mahal™!!

*bukan nama sesungguhnya ;D

*—The End—*

Cerita di atas adalah bagian dari pengalaman, kreativitas dan kerja keras pemilik blog. Barang siapa berkehendak mengangkat cerita di atas menjadi film, silahkan menghubungi pemilik blog. Dengan senang hati ia akan mengijinkan, tentunya. Dengan catatan: pemilik blog sendiri yang akan memerankan tokoh utama Dinsky si Cerdik nan Bersahaja™ ini karena sulit mencari artis Indonesia yang dapat memerankannya mayoritas bisanya cuma nangis itu juga pake obat tetes mata ato marah-marah dengan mengandalkan mata yang disipit2kan ato dipelotot2kan. Yah, kecuali, Anda bisa meyakinkan Judi Foster =D

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

